Kenangan Anak 90an

Masa kecil adalah masa yang sangatlah berbahagia bagi seseorang. Masa kecil menjadi masa dimana kita menghabiskan waktu bercanda tawa tanpa pernah memikirkan masalah. Kalo jaman sekarang, keseruan mereka diisi dengan kecanggihan teknologi yang diberikan. Untuk jaman 90an pun tak kalah seru dengan jaman sekarang. Untuk bernostalgia keseruan tersebut, berikut adalah keseruan masa kecil yang terjadi pada jaman 90an.

1. Koleksi tazoz dari chiki
Anak - anak SD pada tahun 90an akan beli chiki bukan untuk dimakan tapi untuk dapat tazos dari chki tersebut. Bahkan ada yang beli se-plastik besar untuk dapetin tazoz nya aja. Setelah itu tazoznya diadu dengan tazoz temen mereka dengan saling bertepuk. Menang atau kalahnya ditentukan dengan sisi yang menghadap atas. Yang menang akan dapat tazoz dari lawannya. Masih inget dengan  istilah centring ataupun kojo bolak-balik. Selain dengan bertepuk, diadu dengan cara diterbangkan dengan dua tazoz. Yang palng jauh dalah yang menang dan berhak dapat tazoz dari lawannnya. Masih ingetkah koleksi tazoz kalian waktu dulu..... 



2. Adu crush gear dari kertas
Ternspirasi dar kartun crush gear di tv, anak - anak jaman 90an pun tah kalah ikut memainkan crush gear. Tapi karena jaman dulu crush gear sangat mahal, crush gear pun buat sendiri dar kertas, cukup kreatif kan anak jaman dulu. Diadunya dengan cara meniupkan crush gear dar kertas tersebut di atas meja, yang crush gear kertasnya jatuh dari meja maka dia yang kalah.



3. Main petak umpet
Petak umpet adalah mainan anak jaman dulu bentuk grup.  Satu kucing akan menutup mata menghadap tembok atau pohon dengan berhitung sampai 10 dan yang lainnya bersembunyi. Si "kucing" bertugas mencari teman yang bersembunyi, bila menemukan mereka dengan mengucapkan nama temannya ke tembok. Yang menjadi "kucing" selanjutnya adalah yang pertama ketahuan. Untuk menentukan kucing ditentukan dengan "hopimpaalaihum gambreng". Mash inget dengan 1,2,3 ..... udah belomm  atau dualimaaa.



4. Main ular naga panjang
Permainan ini menggunakan lagu dalam permainannya. Dua orang akan menjadi "kucing" kemudian yang lain baris menerobos gerbang dua tangan "kucing" tersebut. Masih inget dengan lagu ini
         Ular naga panjangnya bukan kepalang
         Menjalar-jalar selalu kian kemari
        Umpan yang lezat, itulah yang dicari
        Kini dianya yang terbelakang
Setelah lagu habis maka gerbang itu akan mengunci salah satu anak untuk menjadi "kucing"selanjutnya. Permainan kembali dimulai dan berlanjut.



5. Main tamiya
Untuk anak cowok jaman dulu tamya adalah mainan legendaris. Sore hari adalah hari yang cocok main tamiya sama temen. Apalagi kalo ada temen yang punya track tamiya-nya bakal rajin main tamiya. Selain dibalapin, mereka bisa ngerakitnya sendiri dengan dinamo chukin, ban busa ataupun 4wd 2wd.



6. Main bongkar pasang atau bp bp-an
Tidak kalah dengan keseruan anak- anak cowo, anak - anak cewe pun punya permainan legendaris yaitu bp bp-an atau  bongkar pasang, adalah mainan yang terbuat dari kertas yang berisi gambar orang-orangan beserta baju-baju dan aksesorisnya. Cara mainnya tinggal memasangkan gambar baju-baju ke gambar orang-orangan tersebut.



7. Marathon kartun hari minggu
Jaman dulu hari minggu adalah waktunya diem depan tv. Dari jam 6.30 pagi di hari Minggu sampe jam 10 pagi tv lokal berlomba-lomba memutar film kartun.  Beberapa diantaranya chibi maruko chan, hamtaro, let's & go, doraemon, detektf conan, inuyasha, crayon sinchan, sailor moon, tsubasa, hunter x hunter dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan sekarang tv lokal sudah jarang menyiarkan tayangan kartun, malah menyiarkan yang berembel acara musik namun isinya lawakan menghujat orang dan gosip.



8. Bentuk - bentuk dengan plastisin dan lego
Selain bermain, dengan plastisin atau lego dapat membantu mengembangkan psikomotorik dan  daya imajnasi anak -anak. Pada jaman dulu di sekolah sekolah selalu diadakan lomba membuat bentuk dari plastisin atau lego. Ada yang ngebentuk orang - orangan, ada yang bentuk bunga, ulat dan macam - macam dar plastisin atau malam sesuai imajinas mereka dari. Selain dengan malam, anak - anak jaman dulu main lego untuk buat rumah ataupun bentuk lannya.  Dari pada memberikan anak gadget mungkin lebih baik memberikan mainan yang dapat mengembakan otak anak - anak seperti lego, plastsin dan lainnya.



9. Pilih nomor berapaa
Permainan ini adalah paling legendaris. Permainan ini sebenarnya adalah permainan asal - asalan yang dibentuk dari kertas berbentuk seperti bunga dan diberi nomor. Di dalam nomor tersebut terdapat macam - macam hadiah  yang dikumpulkan bareng temen - temen. Misal dapat uang 500 rupiah atau dapat chiki. Bahkan ada pula yang zonk seperti suruh jalan jongkok dan yang lainnya.



10. Curhat di binder
Dulu di Gramedia paling laris manis yaitu binder dan kertasnya yang lucu - lucu. Binder tersebut beraneka ada yang bentuknya standar hingga yang diberikan gembok. Buku binder tersebut jadi media curhat anak - anak jaman dulu. Dari mulai suka sama temen di sekolahnya atau kesel sama gurunya dan lan - lain. Dulu belum ada twitter, facebook atau media sosial lainnya, jadi curhatnya di buku binder mereka. Selain buat curhat, anak jaman dulu saling tuker kertas binder dan saling isi biodata mereka dari mulai nama terus makanan favorit dan lan - lain.



Sebenernya mash banyak lagi kenangan - kenanangan waktu jaman 90an kalo ditulis mungkin bisa jadi novel.hehehe...
Share on Google Plus

About Muhammad Ariko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment